Jumat, 06 Mei 2011

INQUARTATION

INQUARTATION

Pada dasarnya proses ini hanyalah menjadikan kandungan emas dalam sampel menjadi ¼ dari total berat sampel keseluruhan, yaitu dengan cara menambahkan perak kedalam sampel. Berat sampel yang diambil adalah sebesar 0.2500 gram dengan toleransi penimbangan ± 0.0005 gram. Sampel diambil dari batangan dengan cara pengeboran pada kedalaman ± 2 mm, gunakan mata bor baja dengan diameter 5 mm.
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses ini, kesalahan yang tidak disengaja bisa berakibat tidak akuratnya kadar yang dihasilkan. Dimulai dari cara penimbangan yang benar, dimana timbangan yang digunakan minimal mempunyai ketelitian hingga 4 digit, karena 1 angka pada digit terakhir bisa berdampak pada 0.04% terhadap kadar. Timbangan harus telah dilakukan kalibrasi, disarankan selalu menggunakan  kalibrasi eksternal dengan jenis anak timbangan E2. Pastikan meja untuk meletakan timbangan telah dibuat dengan kokoh, disarankan menggunakan meja yang terbuat dari beton. Jika tidak maka kondisikan meja dengan memberikan peredam getaran pada kaki meja.
Untuk jenis sampel yang berwarna putih, atau sampel yang mengandung nikel tambahkan Cu atau temabaga murni sebesar 0.03 – 0.04 gram pada tiap sampel. Tembaga berfungsi sebagai pembawa oksigen, dimana suhu pada sampel saat dilakukan proses oven nanti akan lebih tinggi, sehingga sampel lebih mudah mencair dan nikel lebih mudah terserap oleh cupel
Bungkus sampel dengan menggunakan lembaran timah hitam dengan ketebalan 0.1 mm dan lebar 10 cm. Berat timah hitam yang digunakan bervariasi tergantung dari perkiraan kadar dari sampel tersebut, semakin rendah perkiraan kadar maka timah hitam yang dibutuhkan akan semakin besar. Perhatikan cara pembungkusan karena hal ini akan berpengaruh pada proses berikutnya, hasil pembungkusan yang kurang rapat atau karena bentuk dari hasil pengeboran yang kurang padat akan sebabkan tidak keakuratan sampel, dan pastikan ukuran dari sampel yang telah dibungkus tadi lebih kecil dari diameter cupel yang akan digunakan.

…:::YANU ISMADI:::…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar